iklan

Tips Mudah Mengobati Kenari Kegemukan

Terimakasih telah mengunjungi blog ini.
bersambung dari artikel artikel sebelumnya tentang dunia hewan khususnya dunia kicau mania kali ini saya akan memberikan tips dan informasi bagi anda pecinta burung kenari. Yaitu masalah kegemukan pada kenari. Mengapa kenari bisa menjadi kegemukan? Bagaimana cara mengatasi kegemukan pada kenari?


Ada perubahan yang terlihat dengan jelas. Yaitu kenari mulai terlihat tanda-tanda malasnya. Kenari yang biasanya tiap pagi ngoceh dan ngerol kicauannya itu kini tidak terdengar lagi. Kenari yang biasa lincah terbang kesana kemari terlihat hanya nangkring saja. Usut punya usut, setelah diselidiki ternyata kenari kangbabas kegemukan. Waduh, pantesan kenari tiba-tiba jadi malas berbunyi. Setelah dilihat dibagian perutnya, ternyata ada warna kekuningan, yaitu lemaknya yang terlihat. Lemak yang menumpuk inilah yang menjadi penyebab kenari jadi malas.

Memang sih, beberapa hari ini kami selalu memberikan pakan berupa telur puyuh tiap hari. Jemur kenari juga tidak rutin seperti dulu karena ada kesibukan. Cuaca juga masih terasa hujan dan dingin, jadi kadang kenari tidak sempat dijemur. Bisa jadi pola makan dan perawatan ini yang memicu kenari berubah menjadi gemuk dan berlemak. Yah, akhirnya program dietpun harus dilakukan untuk merubah kenari menjadi tidak gemuk lagi. Karena bertumpuknya lemak akan berakibat kerawanan terkena penyakit seperti diare, berak kapur dan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Atas saran saudara, langkah yang perlu dilakukan untuk diet kenari adalah sebagai berikut :
Pertama adalah melakukan penjemuran setiap hari secara rutin, dari pukul 7 sampai 10 atau sekitar 3 jam bagi kenari yang kondisinya fit, sedangkan jika kenari ngedrop cukup 1 jam saja.

Kedua, menempatkan kenari di umbaran yang luas (idealnya 1,5 x 2 meter). Penjemuran dilakukan ketika kenari dalam umbaran. Bagi kenari yang baru belajar masuk umbaran pada tahap awal perlu digebrak agar terbang bolak-balik. Namun jika sudah beberapa kali dilatih, maka kenari akan terbiasa dan setiap dimasukkan ke umbaran akan terbang sendiri. Untuk menghindari dari gigitan nyamuk dan kedinginan, sebaiknya kenari dikerodong.


Ketiga, yaitu mengatur menu pakan untuk mempertahankan kondisi tubuhnya. Pola pakan yang cocok diberikan yakni sayur lebih banyak seperti selada, gambos dan mentimun secara bergantian setiap 2 hari. Pakan yang dikurangi yakni telor, terlebih lagi untuk pakan harian. Sementara pakan bijian untuk sehari-hari sebaiknya ditakar sehari habis. Misalnya seekor burung cukup diberikan satu sendok teh bijian campur. Untuk menjaga agar kondisi kenari tetap fit, multivitamin diberikan setiap 1 minggu sekali.

Pola perawatan untuk kenari kegemukan memang harus ketat. Harus rutin dilaksanakan dan terus dipantau perkembangannya. Proses diet memang membutuhkan waktu yang agak lama, karena itu diperlukan kedisiplinan dan kesabaran dalam perawatan ekstra ini.

Semoga bermanfaat salam kicau mania.....
Kunjungi Artikel Seputar dunia kenari dan pengobatannya terlengkap DISINI

0 Response to "Tips Mudah Mengobati Kenari Kegemukan "

Posting Komentar